Salah satu kegiatan praktik lapangan pada pembelajaran semester gasal tahun akademik 2022/2023 pada Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat ITEKES Cendekia Utama Kudus adalah magang. Tahun ini sejumlah 22 mahasiswa tersebar mengikuti kegiatan magang pada sejumlah 15 instansi kesehatan di Jawa Tengah, instansi tersebut antara lain Balkesmas Semarang, PT Pelindo Daya Sejahtera Semarang, BPJS Kudus, Dinas Kesehatan di Kapubaten Kudus, Pati, dan Jepara serta Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, RSUD dr.Soetrasno Rembang, PT Sukun Wartono dan lain-lain.

Ervi Rachma Dewi, S.K.M., M.Kes. selaku Ketua Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa magang sebagai bagian dari proses pendidikan pada Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat telah sesuai dengan Kurikulum Nasional Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini adalah kegiatan intrakurikuler yang berupa kegiatan belajar di lapangan yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam menggunakan aplikasi teori ke dalam praktek lapangan.

Hal lain disampaikan oleh David Laksamana Caesar, S.K.M., M.Kes. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, bahwa kegiatan magang juga dilakukan sebagai upaya menjalin kerjasama dengan instansi kesehatan maupun non kesehatan sebagai upaya pengembangan dalam kegiatan tri dharma antara lain pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. (ervi)