Masih mengusung tema tentang Covid-19, Program Studi Kesehatan Masyarakat pada tanggal 06 April 2021 mengadakan kuliah umum dengan judul “Karantina Kesehatan di masa Pandemi Covid-19”. Menghadirkan narasumber yang kompeten dr.Aryanti, M.M.,M.KM kepala KKP Semarang (Kantor Kesehatan Pelabuhan), beliau memaparkan tentang bagaimana kegiatan karantina selama masa pandemi, baik karantina di Bandar udara, pelabuhan dan PLBDN (Pos Lintas Batas Darat Negara) dengan tujuan terlaksananya upaya pencegahan penyebaran penyakit menular berpotensi wabah yang dapat menimbulkan PHEIC (Public Health Emergency of International Concern) di pintu masuk Negara dan wilayah, sehingga dapat menimbulkan KLB (Kejadian Luar Biasa).
Sejumlah 150 peserta mengikuti kuliah umum online tersebut dengan antusias. Peserta tidak hanya dari dalam kampus Stikes Cendekia Utama Kudus, namun banyak peserta berasal dari luar Kudus bahkan dari luar Jawa, misalnya PPPKMI Pati (Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia), Surakarta, Semarang, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Jakarta, Pekanbaru dan masih banyak lagi.
Pada sesi evaluasi, banyak peserta yang menyarankan agar kuliah umum seperti ini diharapkan terus diadakan baik secara online maupun offline untuk bekal mahasiswa di dunia kerja. (ervi)