Sabtu 16 Juli 2022 di SD 1 Jepang, telah dilaksanakan kegiatan Apoteker Kecil (APOCIL) Tahun 2022 oleh pengurus HIMFAKIA D-3 Periode 2021/2022. Peserta Apoteker Kecil (APOCIL) adalah Siswa-siswi SD 1 Jepang Kelas 5. Acara ini dimulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB.

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dibuka dengan laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh saudara Ronal Adi Hermawan. Dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor III yang disampaikan oleh Bapak David Laksamana Caesar, SKM., M.Kes, dan sambutan oleh Kepala Sekolah SD 1 Jepang oleh Bapak Ngatono, S.Pd.
Selanjutnya setelah pembukaan yaitu penyampaian materi. Materi dalam kegiatan ini disampaikan oleh siswa siswi SD 1 Jepang kelas 5 yang sebelumnya selama 1 minggu sudah dibimbing untuk memahami materi yang akan disampaikan. Materi 1 disampaikan oleh ananda Lintang Sokka Wardani dengan materi Macam macam bentuk obat , materi 2 disampaikan oleh ananda Zahratus Zakkiyah Devi dengan materi Cara menggerus obat, dan meteri 3 disampaikan oleh anada Aditya Lintang Hadi Pratama dengan materi cara menggerus obat yang baik dan benar. Peserta sangat antusias dengan adanya penyampaian 3 materi tersebut yang harapanya setelah mereka menerima ke-3 materi tersebut dapat menambah wawasan siswa siswi SD mengenai obat obatan.

Setelah kegiatan pemaparan materi selesai diadakan games yaitu siswa siswi yang menjadi peserta diminta untuk membungkus puyer dengan cepat dan siswa yang tercepat dan dengan hasil lipatan rapi dalam membungkus puyer akan mendapatkan hadiah. Peserta pada acara ini sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti rangkaian acara sampai selesai.

Acara yang terakhir sekaligus penutup yaitu pemberian selempang APOCIL kepada 3 siswa yang menjadi Pemateri pada acara ini. Selempang APOCIL ini diberikan kepada Ananda Lintang Sokka Wardani, Zahratus Zakkiyah Devo, dan Aditya Lintang Hadi Pratama. (DLC)