Program Studi Kesehatan Masyarakat melakukan penyerahan Praktik Belajar Lapangan II atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Sejumlah 24 mahasiswa program studi kesehatan masyarakat didampingi dosen pembimbing lapangan turut hadir dalam penyerahan tersebut. Rencana PBL II/ KKN tersebut akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan, mulai tanggal 6 Februari 2023 sampai dengan 7 Maret 2023.

Ervi Rachma Dewi,S.K.M.,M.Kes selaku ketua Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan PBL II/ KKN ini merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar pada Program Studi Kesehatan Masyarakat, karena dalam kegiatan ini mahasiswa memperoleh kesempatan untuk menerapkan Problem Solving Management di bidang kesehatan masyarakat melalui pengalaman langsung di masyarakat.

Ditambahkan oleh David Laksamana Caesar selaku koordinator PBL II/ KKN bahwa kegiatan ini mengusung tema penurunan stunting, karena Desa Kandangmas merupakan desa dengan kasus Stunting tertinggi di Kabupaten Kudus. Harapannya dengan adanya intervensi dari bidang akademik dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kasus stunting khususnya di Desa Kandangmas.

Haji Shofwan selaku Kepala Desa Kandangmas berharap bahwa kegiatan PBL II/ KKN ini tidak hanya menyasar pada balita stunting tapi juga pada seluruh lapisan masyarakat Kandangmas antara lain Ibu atau nenek balita, ayah balita, pada remaja, dan bahkan pada anak-anak yang notabene tidak mengalami stunting. (ervi)