Telah dilaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Managemen Mahasiswa (LKMM) HIMFAKIA D3 tahun 2021 oleh pengurus HIMFAKIA D3 Periode 2021/2022, pada hari Minggu, 09 Januari 2022 di Gedung C Stikes Cendekia Utama Kudus. Peserta LKMM adalah seluruh Mahasiswa Prodi D3 Farmasi semester 1 dari kelas reguler maupun kelas ekstensi dan di panitiai oleh 19 mahasiswa pengurus HIMFAKIA D3 yang berasal dari mahasiswa semester 3. Jumlah peserta terinci sebagai berikut :
1.Kelas Reguler Semester 1 : 19 Mahasiswa
2.Kelas Ekstensi : 4 Mahasiswa
Tetapi dikarenakan masih dalam masa Pandemi Covid-19, panitia memberi konsep setengah daring setengah luring. Kegiatan berjalan dari pagi jam 08.00 WIB – 17.00 WIB.
Diawali dengan acara Upacara Pembukaan yang di buka secara resmi oleh Ketua Stikes Cendekia Utama Kudus akan tetapi karena terkendala sinyal pada akhirnya di wakilkan oleh Ibu Yayuk Fatmawati S.Kep,Ners.M.Kep selaku Wakil III Stikes Cendekia Utama Kudus. Selain itu upacara pembukaan sendiri di hadiri juga oleh Ketua Prodi D3 Farmasi Ibu apt. Endra Pujiastuti.,M.Farm, Pembina HIMFAKIA D3 Ibu apt. Annis Rahmawati., M.Farm, Biro Kemahasiswaan dan Kerjasama Ibu Vera Fitriana, S.Kep., Ns., M.Kep dan beberapa tamu undangan yang berasal dari 1 orang perwakilan seluruh HIMA UKM Stikes Cendekia Utama Kudus yang berjumlah 9 Orang serta 1 Tamu undangan dari Demisioner dan Alumni pengurus HIMFAKIA D3 pada masanya. Dalam pembukaan tersebut untuk peserta dari kelas Ekstensi mengikuti melalui media Zoom..
Kegiatan selanjutnya setelah pembukaan yaitu penyampaian materi. Dalam LKMM HIMFAKIA D3 Tahun 2021 ini disampaikan 2 (dua) materi yaitu tentang Leadership yang di sampaikan oleh Sdr Niesya Nailta Fitria, A.Md. Farm selaku Alumni HIMFAKIA D3 tahun 2020 dan Materi ke – 2 yaitu tentang Manajemen organisasi yang di sampaikan oleh Sdr Kusumawardani Alina Fahri mahasiswa Universitas Muria Kudus. Peserta sangat antusias dengan adanya penyampaian 2 (dua) materi tersebut yang harapanya setelah mereka menerima ke – 2 materi tersebut dapat menumbuhkan jiwa – jiwa pemimpin pada diri peserta yang notabenya mereka juga akan menjadi pengurus HIMFAKIA D3 Periode 2021/2022 dan akan memegang penuh estafet kepengurusan HIMFAKIA D3 Periode 2022/2023.
Setelah kegiatan materi tuntas dan diadakan evaluasi oleh panitia, memasuki acara yang selanjutnya adalah kegiatan Pentas Seni oleh masing – masing kelompok yang sebelumnya sudah di bagi yaitu ada beberapa penampilan yang meliputi Menari, Menyanyi, Drama dan Stand Up Komedi. Selain untuk hiburan tujuan panitia mengadakan pensi secara berkelompok ini adalah untuk melatih peserta untuk dapat bekerja sama dengan masing – masing kelompoknya sehingga dapat menghasilkan pentas seni yang cukup baik, kreatif dan menghibur. Lalu setelah kegiatan pensi berakhir dilanjut dengan adanya 4 buah Games atau pemainan yang disitu juga dapat melatih kerjasama dan berfikir untuk dapat menyelesaikan masalah, games ini sendiri merupakan penerapan dari 4 materi yang sudah di berikan di awal.
Acara yang terkahir adalah Pelantikan, yang kali ini sumpah janji di lakukan oleh Sdr Nia Hartanti selaku sie acara dalam kegiatan LKMM kepada seluruh peserta dan di lakukan dengan beberapa acara seremonial yaitu penyiraman air suci kepada peserta dengan harapan dapat memberikan kesan kepada seluruh peserta dan menyadarkan bahwa mulai sekarang mereka adalah anggota HIMFAKIA D3 dan akan menjalankan tugas pokok masimg – masing dalam devisi di kepengurusan HIMFAKIA D3 satu periode kedepan sampai tahun 2022. Dan pada akhir kegiatan juga di berikan sedikit pengumuman pemenang dan pemberian hadia sebagai bentuk semangat serta apresiasi dari panitia kepada peserta yang sangat berantusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. (vera)